Status YM

Selasa, 29 Januari 2008

TRANFORMASI LAPLACE

Apa itu Sistem Pengaturan ?
Sistem Pengaturan : Hubungan timbal balik antara komponen-komponen yang membetuk suatu konfigurasi sistem yang memberikan suatu hasil yang dikehendaki.
Contoh : sistem pengaturan lampu lalu-lintas


Sistem pengaturan jerat tertutup
Teknik Pengaturan dilaksanakan berlandaskan dasar-dasar teknik umpan balik (Feedback) dan anlisis sistem secara linier, dan dengan memadukan konsep-konsep teori jaringan (Network theory), dan teori komunikasi.
Hubungan antara masukan (input) dengan keluaran (output) melukiskan hubungan antara sebab dan akibat proses yang terlibat, yang pada gilirannya, juga menggambarkan bagaimana proses yang akan terjadi pada sinyal masukan, untuk menghasilkan variable sinyal keluar, yang seringkali disertai dengan suatu penguatan daya. Suatu system pengatur jerat tertutup (open loop control system) umumnya menggunakan pengatur (controller) dan actuator pengaturan (control actuator) untuk mendapatkan respon system yang baik

Sistem pengaturan berumpan balik adalah system pengaturan yang cenderung mempertahankan hubungan yang ditentukan sebelumnya antara perubah (variable) yang satu dengan yang lainnya dengan membandingkan fungsi dalam variable-variabel tersebut dengan menggunakan perbedaan antara variable-variabel itu sebagai alat pengatur.
Sistem pengaturan berumpan balik sering menggunakan hubungan yang telah ditentukan sebelumnya antara variable-variabel keluaran dan masukan acuan (reference input), yang dinyatakan dalam suatu fungsi untuk mengatur proses yang bersangkutan.

SEJARAH PENGATURAN
Penerapan pertama umpan balik lahir pada pengembangan mekanisme yang mengatur pelampung mulai dari kirakira 300 sebelum masehi sampai 1 masehi di yunani.
Jam air ktesibios juga menggunakan suatu regulator pelampung, lampu minyak yang dibuat philon kira kira pada tahun 250 sebelum masehi menggunakan pengaturan pelampung untuk mempertahankan permukaan minyak lampu yang sama. Sistem berumpan balik pertama yang ditemukan dieropa modern adalah pengatur suhu dari Cornelis Drebbel (1572-1633) dari belanda.
Pengatur berumpan balik pertama yang otomatik digunakan di industri adalah bola pengatur dari jammes watt yang dikembangkan pada tahun 1769 untuk mengendalikan kecepatan mesin uap.
Pada masa PD II system pengaturan digunakan untuk persenjataan perang misalnya pesawat berpilot otomatis, system pengaturan antenna radar, dan penerapan penerapan lain untuk maksud militer yang berkaitan dengan pengaturan berumpan balik.

Teknik pengaturan dalam praktek
Teknik pengaturan berkepentingan untuk menganalisa dan merancang system yang mengarah ketujuan tertentu (goal oriented system), dan dalam system inilah maka kebijaksanaan, mekanisme pengaturan dan urutan kepentingan diarahkan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan
Toeri Pengaturan Modern berkepentingan dengan system-sistem yang mempunyai sifat mengorganisasikan sendiri, mudah menyerap dan menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya serta sifat optimal.
Pada industri misalnya mesin-mesin otomatik digunakan untuk menambah hasil produksi dari buruh untuk mengimbangi tututan kenaikan gajinkaryawan. Pabrik biasanya berkepentingan untuk menilai produktifitas per karyawan.
Produktifitas didefinisikan sebagai hasil bagi keluran fisis dengan masukan fisis, dan dalam hal ini kita terlibat dengan produktifitas tenaga kerja yang identik dengan keluaran perjam kerja.

Suatu contoh system pengaturan yang modern :
Mengendarai sebuah mobil, akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan bila sang mobil memberikan tanggapan (respon) yang cepat terhadap perintah sang pengendara. Banyak mobil yang memiliki sistim penyetiran dan pengereman yang memanfaatkan penguat-penguat hidraulik, untuk memperkuat gaya terhadap stir dan rem. Gambarkan block diagram system kemudi (stir) mobil dan berikan penjelasanya.