Status YM

Selasa, 09 Agustus 2011

Mengembalikan Data dari Hardisk Rusak

Rusak di sini bukan artinya rusak fisik, tetapi rusak akibat kesalahan, misalnya terformat tak sengaja, atau bahkan lebih ekstrim, mengubah partisi atau bahkan partisi yang tak terbaca atau broken. Data yang ada di harddisk bisa dikembalikan.

Berawasl dari otak-atik gw pada komputer yang baru gw beli second dari temen, nggak sengaja gw memnformat semuanya dan mengubah partisinya, tapi di tengah jalan mati lampu!! Begitu dihidupin lagi, partisi broken! padahal di dalamnya ada data tugas akhir (skripsi) temen gw yang katanya cuma ada di situ, alias ngga ada backup. Kebayang kan bingungnya bagi gw saat itu yang nggak tau harus gimana, hardisk aja nggak terbaca partisinya, boro-boro mau mengembalikan data yang udah terformat.

Selama dua hari gw ublek-ublek internet nyari cara untuk balikin data pda hardisk yang udah rusak partisinya, dan ketemu program yang gw pake sampe saat ini: GetDataBack ver. 3.0. Masih banyak sih software sejenis yang menawarkan recovery, tapi menurut gw ini yang powerfull, mulai dari ngembaliin file yang udah di delete, termasuk di delete dari recycle bin.

Dengan catatan, saat menyadari ada data penting dalam suatu media penyimpanan, jika ingin mengembalikan data itu jangan sekali-kali melakukan perubahan dulu pada hardisk itu, dan backup data yang udah terambil tadi ke media lainnya agar tak menimpa data yang ada di hardisk rusak itu.

Sebenarnya, apapun itu, Delete, Format, atau Partisi, semua data file pada media penyimpanan tidak secara fisik di"hilang"kan dari media penyimpanan tersebut, tapi hanya dihilangkan alokasi atau alamatnya, sehingga dianggap data itu tidak ada. Data yang dianggap tidak ada itu bisa ditimpa oleh data lain sengaja atau tidak, sebagian atau keseluruhan. Karena itu untuk memaksimalkan data kembali 100%, jangan otak-atik partisi yang bermasalah, kecuali untuk dikembalikan datanya.

0 komentar:

Posting Komentar