Status YM

Jumat, 05 Agustus 2011

Ngehack Facebook di Bayar, Mau?

Langkah gila Facebook kali ini memang bukan main-main, setelah berlomba-lomba meraih simpati pengguna akibat kedatangan Google+ memang cukup gencar, kali ini Facebook menawarkan sejumlah besar uang sebesar US$500 bagi siapa saja yang mampu meretas jejaring sosial mereka (baca: Facebook).

Tentunya ini menjadi peluang menarik bagi hacker newbie atau profesional yang ingin mendapatkan uang dengan cara menunjukkan aksi mereka untuk menembus celah keamanan Facebook, dengan syarat melaporkannya diri terlebih dahulu ke Facebook dan bersedia tidak membocorkan sisi lemah tersebut ke publik sebelum celah keamanan/bug diperbaiki.

Untuk mendaftar dan ingin mencoba, Facebook telah menyediakan halaman khusus di https://www.facebook.com/whitehat. Tidak perlu khawatir program ini ilegal, karena Facebook Whitehat resmi langsung dari Facebook.

Berikut ini adalah syarat untuk mengikuti program Facebook Whitehat, seperti yang dikutip infoteknologi:

Menjadi orang pertama yang menemukan dan melaporkan bug/celah keamanan
Memberi waktu ke Facebook untuk memperbaiki temuan bug sebelum memberitakannya ke publik dan tidak melakukan perusakan data.
Melaporkan bug yang dapat membahayakan integritas ataupun privasi data pengguna Facebook seperti: Cross-Site Scripting (XSS), Cross-Site Request Forgery (CSRF/XSRF), Remote Code Injection
Bug yang ditemukan bukanlah berasal dari applikasi Facebook, integrasi situs pihak ketiga dengan Facebook, penggunaan teknik DoS (Denial of Service) ataupun Spam
Tidak berdomisili di negara yang terkena embargo Amerika Serikat (Korea Utara, Libya, Kuba, dll)
Hadiah dibayarkan setelah bug diteliti oleh internal security team Facebook, dan bila memenuhi syarat para hacker akan mendapatkan uang hadiah mulai US$500 dan nilainya akan semakin besar tergantung tingkat kerawanan bug yang ditemukan.
Program ini bukan sebuah terobosan baru bagi Facebook untuk membayar hacker dalam mereteas situsnya, baik lewat keamanan sistemnya seperti website, server, dan lainnya. Sebelumnya perusahaan Mozilla juga menempuh hal yang sama, lalu pada tahun 2010 Google juga sempat menawarkan hadiah sebesar US$500 – US$3.133,7 bagi peretas yang mampu menemukan bug di sistem mereka.

Dengan mengambil langkah ini, Facebook juga bisa menjadi salah satu sponsor utama dalam event DEF CON, acara konvensi tahunan bagi para hacker yang punya tujuan dalam mencari bibit baru untuk dijadikan pegawai di Facebook kelak.[]

Sumber : http://www.infotekmedia.com/

0 komentar:

Posting Komentar